Pages

Subscribe:

Video

Labels

Categories

Senin, 26 Agustus 2013

CARA SINGKAT BETERNAK AYAM KAMPUNG SUPER



Oleh : Agus Budi Setyono

Produksi ayam kampung masih sangat kurang, salah satu penyebabnya karena adanya isu virus flu burung, maka populasi ayam kampung/ayam buras/ayam jawa semakin berkurang. Akan tetapi permintaan pasar justru semakin meningkat, oleh sebab itulah kami beternak ayam Jawa Super alias Ayam Kampung Super. Dikatakan Super karena dengan masa pemeliharaan selama 45 - 60 hari saja, ayam telah siap dipanen dan dikonsumsi. Dengan masa yang singkat ini maka resiko kematian juga kecil dan keuntungan bagi peternak lumayan. Dalam rangka memanfaatkan peluang ini, kami juga ikut berpartisipasi berbagi pengalaman tentang cara singkat beternak ayam kampung super yang sudah kami lakukan selama 3 kali panen. Selama tiga kali periode panen tersebut kami berinovasi teknologi untuk mendapatkan hasil yang optimal. Usaha budidaya pertama gagal karena kapasitas yang over, banyak terjadi kanibal sehingga kematian mencapai 20 % tapi itu tidak menyurutkan langkahku tuk terus evaluasi. Periode kedua alhamdulillah sudah mendapatkan keuntungan yang lumayan karena kematian hanya 1 %, sedangkan periode panen ketiga alhamdulillah keuntungan sudah sangat berlipat karena kematian hampir nol persen dan harga pas tinggi karena menjelang Idhul Fitri tembus harga Rp 30.000,- per kg padahal harga normal rata-rata Rp 23.000 – 25.000 per kg.
Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam usaha beternak ayam kampung super , maka perlu kiranya memperhatikan beberapa hal berikut :

1. Bibit
Bibit mempunyai kontribusi sebesar 20% dalam keberhasilan suatu usaha peternakan. Bibit ayam kampung super (DOC) dapat diperoleh dengan cara membeli DOC ayam kampung super  langsung dari pembibit. Secara singkat DOC ayam kampung yang sehat dan baik mempunyai kriteria sebagai berikut : dapat berdiri tegap, sehat dan tidak cacat, mata bersinar, pusar terserap sempurna, bulu bersih dan mengkilap, tanggal menetas tidak lebih lambat atau cepat serta bergerak lincah.

2. Pakan
Kita ketahui bersama bahwa pakan mempunyai kontribusi sebesar 40% dalam keberhasilan suatu usaha. Pakan untuk ayam kampung super sebenarnya sangat fleksibel dan tidak serumit kalau kita beternak ayam pedaging, petelur atau puyuh sekalipun. Pakan ayam kampung super berupa konsentrat yang berkualitas dan sedang berkaitan dengan biaya yang kita keluarkan atau bisa dicampur jagung dengan perbandingan 2 : 1. Kalau saya menggunakan pakan dari Comfeed BR 1 dicampur Cargill BR 1 atau Pokhpan BR 1 dengan perbandingan  2:1.
Jumlah pakan yang diberikan sesuai tingkatan umur adalah sebagai berikut :
  •   7 Gram/hari/ekor sampai umur 1 minggu
  • 11 Gram/hari/ekor sampai umur 2 minggu
  • 17 Gram/hari/ekor sampai umur 3 minggu
  • 25 Gram/hari/ekor sampai umur 4 minggu
  • 30 Gram/hari/ekor sampai umur 5 minggu
  • 35 Gram/hari/ekor sampai umur 6 minggu
  • 45 Gram/hari/ekor sampai umur 7 minggu
  • 50 Gram/hari/ekor sampai umur 8 minggu
  • 60 gram/hari/ekor sampai umur 60-65 hari
Sedangkan air diberikan secara ad libitum (tak terbatas) tetapi harus dikontrol dan diganti tiap 12 jam sekali dan pada tahap-tahap awal pemeliharaan perlu dicampur dengan vitamin+antibiotika, yaitu umur 1-40 hari diberi VITERNA 2 cc/lt, sedang umur 40 – 60 hari VITERNA + HORMONIK dosis campuran  2 cc/lt. Dengan pemberian VITERNA dan HORMONIK ayam kampung super tiap hari saya tidak melakukan vaksin sama sekali ( bebas vaksin ), tetapi kalau di sekitar kandang sudah banyak peternakan ayam sebaiknya perlu dilakukan vaksin.

3. Perkandangan
Syarat kandang yang baik : jarak kandang dengan permukiman minimal 5 m, tidak lembab, sinar matahari pagi dapat masuk dan sirkulasi udara cukup baik. Sebaiknya memilih lokasi yang agak rindang dan terhalangi oleh bangunan atau tembok lain agar angin tidak berhembus langsung ke dalam kandang.
Penyucihamaan kandang dan peralatannya dilakukan secara teratur sebagai usaha biosecurity dengan menggunakan desinfektan yang tepat dan tidak membahayakan bagi ternak itu sendiri. Banyak pilihan jenis desinfektan yang ditawarkan oleh berbagai produsen pembuatan obat.

Ukuran kandang : tidak ada ukuran standar kandang yang ideal, akan tetapi ada anjuran sebaiknya lebar kandang antara 4-8 m dan panjang kandang tidak lebih dari 70 m. Yang perlu mendapat perhatian adalah daya tampung atau kapasitas kandang. Tiap meter persegi sebaiknya diisi antara 45-55 ekor DOC ayam kampung super sampai umur 2 minggu, kemudian jumlahnya dikurangi sesuai dengan bertambahnya umur ayam. Idealnya sampai panen per m2 antara 10 – 15 ekor.

Bentuk kandang yang dianjurkan adalah kandang postal dengan lantai tanah bisa atau lebih bagus diplester kemudian dilapisi letter (alas kandang) dengan campuran sekam, serbuk gergaji dan sedikit kapur  setebal ± 10 cm. Model atap monitor yang terdiri dari dua sisi dengan bagian puncaknya ada lubang sebagai ventilasi dan bahan atap menggunakan genteng atau asbes.
Pemeliharaan ayam kampung super di bagi dalam dua fase yaitu fase starter (umur 1-3 minggu) dan fase finisher (umur 4-8 minggu). Pada fase starter biasanya digunakan kandang bok (dengan pemanas) bisa bok khusus atau juga kandang postal yang diberi pagar. Suhu dalam kandang bok biasanya berkisar antara 30-32°C. Pada fase finisher digunakan kandang ren atau postal seperti model pemeliharaan ayam broiler.

4. Manajemen Pemeliharaan
Manajemen atau tatalaksana pemeliharaan memegang peranan tertinggi dalam keberhasilan suatu usaha peternakan yaitu sekitar 40%. Bibit berkualitas serta pakan yang berkualitas belum tentu memberikan jaminan keberhasilan suatu usaha apabila manajemen pemeliharaan yang diterapkan tidak tepat.
Model pemeliharaan ayam kampung super secara intensif lebih disarankan dari yang lainnya terutama dalam hal kontrol penyakit dan managemen pemberian pakan. Pencegahan penyakit bisa dilakukan dengan pemberian vaksin atau pemberian Trimezyn pada umur 2-3 minggu dan 5-6 minggu. Managament pakan bisa diberikan pagi, siang dan sore (malam), tetapi kalau sibuk ya cukup pagi ama sore sepulang kerja yang penting sesuai kebutuhan  gram/ekor/hari. Dan yang perlu diingat juga inovasi teknologi pemberian minum dengan nutrisi yang yang cukup seperti pemberian VITERNA dan HORMONIK pada saat yang tepat itu juga menjadi kunci keberhasilan beternak ayam kampung super. Selain itu juga untuk menjegah terjadinya kanibal (saling bunuh) perlu dikasih daun pepaya (kates) digantung mulai umur 3 minggu sampai panen. Sedangkan untuk mengurangi bau kotoran bisa disemprotkan Ni_35 tiap 5 hari sekali. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari cara beternak secara intensif, akan tetapi kami tidak dapat menguraikannya lebih jauh di sini.

5. Pengendalian Penyakit
Hal yang tak kalah pentingnya adalah pengendalian penyakit. Kita semua akan setuju dengan statement “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan tindakan antara lain :
  1. Menjaga sanitasi lingkungan kandang, peralatan kandang dan manusianya
  2. Pemberian pakan yang fresh dan sesuai kebutuhan ternak
  3. Melakukan vaksinasi secara teratur
  4. Pemilihan lokasi peternakan di daerah yang bebas penyakit
  5. Manajemen pemeliharaan yang baik
  6. Kontrol terhadap binatang lain
Berikut kami uraikan sedikit beberapa jenis penyakit yang kerap menyerang ayam kampung :
a. Tetelo (ND)
Penyebab : paramyxivirus
Gejala : ngorok dan batuk-batuk, gemetaran, kepala berputar-putar, kelumpuhan pada kaki dan sayap, kotoran berwarna putih kehijauan.
Pencegahan : vaksinasi secara teratur, sanitasi kandang, terhadap ayam yang terkena ND maka harus dibakar.
Pengobatan : belum ada
b. Gumboro (gumboro disease)
Penyebab : virus
Gejala : ayam tiba-tiba sakit dan gemetar serta bulu-bulunya berdiri, sangat lesu, lemah dan malas bergerak, diare putih di sekitar anus.
Pencegahan : vaksinasi teratur dan menjaga sanitasi kandang
Pengobatan : belum ada
c. Penyakit cacing ayam (worm disease)
Penyebab : Cacing
Gejala : pertumbuhan terhambat, kurang aktif, bulu kelihatan kusam.
Pencegahan : pemberian obat cacing secara berkala, sanitasi kandang yang baik, penggantian litter kandang secara berkala, dan mencegah serangga yang dapat menjadi induk semang perantara.
Pengobatan : pemberian obat cacing seperti pipedon-x liquid, sulfaquinoxalin, sulfamezatin, sulfamerazin, piperazin dan lain sebagainya
d. Berak kapur (Pullorum)
Penyebab : Bakteri Salmonella pullorum
Gejala : anak ayam bergerombol di bawah pemanas, kepala menunduk, kotoran melekat pada bulu-bulu disekitar anus
Pencegahan : mengusahakan induk terbebas dari penyakit ini, fumigasi yang tepat pada mesin penetas dan kandang
Pengobatan : noxal, quinoxalin 4, coxalin, neo terramycyn  atau lainnya
e. Berak darah (Coccidiosis)
Penyebab : protozoa Eimeria sp.
Gejala : anak ayam terlihat sangat lesu, sayap terkulai, kotoran encer yang warnanya coklat campur darah, bulu-bulu disekitar anus kotor, ayam bergerombol di tepi atau sudut kandang.
Pencegahan : mengusahakan sanitasi yang baik dan sirkulasi udara yang baik pula atau bisa juga dengan pemberian coccidiostat pada makanan sesuai takaran
Pengobatan : noxal, sulfaquinoksalin, diklazuril atau lainnya
6.    Pasca panen dan pemasaran
Pemasaran ayam kampung super  pada dasarnya mudah karena disamping jumlah permintaan yang tinggi, harga ayam kampung super masih tergolong tinggi dan stabil, sedang produksi masih terbatas. Ayam kampung super  dapat dijual dalam bentuk hidup atau sudah dipotong (karkas). Rumah tangga, pengepul ayam, pasar tradisional, warung, supermarket sampai hotel berbintang membutuhkan pasokan ayam kampung super  ini. Harga normal ayam kampung super hidup berkisar antara Rp 23.000 - Rp 25.000/kg di tingkat peternak, tetapi kalau menjelang Idul Fitri dan tahun baru harga cenderung abnormal bisa tembus Rp 28.000 – Rp 30.000.
7.    Pengelolaan Produksi
Sebagai seorang peternak yang profesional maka perlu untuk menjaga agar produksi yang kita lakukan dapat memenuhi standar kualitas dan kontinuitas produk. Maka diperlukan pengelolaan atau pengaturan produksi agar usaha kita dapat berproduksi secara kontinyu. Untuk kekontinuitasan usaha perlu pengaturan dan penjadwalan secara teratur kapan DOC masuk dan kapan ayam di panen, karena hal itu lebih disukai oleh pengepul atau mitra kerja kita daripada hanya sekali panen dalam jumlah banyak. Tapi perlu diingat juga bahwa pengelolaan produksi sangat terkait dengan modal, ketersediaan kandang, jumlah ketersediaan DOC, dan jumlah permintaan ayam siap panen.
8.    ANALISA EKONOMI
Analisis Usaha ternak ayam kampung super sebanyak 100 ekor panen umur 55 - 60 hari sbb :
1.      Bibit DOC         100 ekor                                      400.000
2.      Pakan  BR-1         4 sak ( @50 kg/sak)               1.200.000
3.      Viterna              2 botol                                            68.500        
4.      Hormonik          1 botol                                            21.750
5.      Trimeziyn          2 dus (@ 100 gram)                        14.000
6.      Vitacix              1 dus                                                10.000
TOTAL                                                                1.714.250        
PANEN             91,5 kg             Rp 30.000,/kg   2.745.000
KEUNTUNGAN                                                  1.030.750
FCR                  200/91,5 = 2,1  
Kenapa analisis yang saya tampilkan harganya Rp 30.000,- ? karena emang pas hari raya Idul Fitri dan itu biasanya juga pas Natal dan tahun baru biasanya harganya tinggi sehingga keuntungannya juga berlipat dan bisa sebagai patokan kita dalam managemen usaha, tapi hari biasa keuntungan per ekor antara Rp 3.000 – Rp 5.000.

Mudah-mudahan uraian di atas dapat menambah pengetahuan kita dalam hal beternak dan menjadikan cara beternak kita lebih baik.
Saran dan kritik selalu kami nantikan untuk kemajuan kita bersama. Semoga kesuksesan selalu menyertai kita bersama. Aamiin…

15 komentar:

Nasi Bungkus mengatakan...

makasih infonya

Nasi Bungkus mengatakan...

mantab.........

lowongan kerja online aman mengatakan...

sangat membantu gan terima kasih

Unknown mengatakan...

thanks atas infonya........

Unknown mengatakan...

ma kasi infox,,,,

alle mengatakan...

Ma kasi infonya...
Mau tanya om...
Penyakit apa yang menyebabkan mata ayam bengkak dan berair bahkan buta dan akhirnya mati...

Unknown mengatakan...

Sip gan (:

Unknown mengatakan...

Buat refrensi mantaappp

Unknown mengatakan...

Bibit hrga 4 rb beli d mna? Tlg info ny

Unknown mengatakan...

makasih boss saya mau coba ternak ayam kampung super smoga berhasil

sutomo mengatakan...

sekarang harga br 1 sudah 350rb/sak, dan doc 5rb s/d 5,5rb per ekor. tapi harga jual juga kisaran 28rb per ekor..

Unknown mengatakan...

iya mas tomo, sekarang nyari keuntungan per ekor 2-3 ribu aja kembang kempis ya... itu analisis saya tahun 2013 mas.. sekarang saya doc masih dapat 4.250 per ekor dan pakan saya siati pakai BR-1 bukan Comfeed tapi masih satu pabrik dengan comfeed yaitu pakai BR-1 SL harga masih sekitar 312.000 - 325.000 per sak. jadi ya masih lumayanlah kalau di idul fitri masih bisa untung 3-4 rb per ekor jika harga 28-30 rb per kg

Unknown mengatakan...

Mntap mas....
Di batam saya bli dri pedagang /kg nya 55 rb pr kg..
Gk tw klo ngedrop brapa..!??
Tpi kyak nya bisa di coba ini mas..
Thank telah berbagi...

Unknown mengatakan...

Itu beli bibit doc nya dimana mas? Bisa minta kontak penjual bibit doc?

argapranayazikri1 mengatakan...

Cara Ternak Ayam Kampung Super Raih Untung Besar Bagi Pemula
https://www.youtube.com/watch?v=MaG_6Oq37FA
Like, Share & SUbscribe

Posting Komentar